Rabu, 02 Desember 2009

BAB 9Merancang strategi Pemasaran

RAHMAWATI
43108010076

1. Pemasaran.
Pemasaran tidak hanya mengenai penjualan, iklan atau peomosi saja. Pemasaran merupakan suatu proses yang utuh tentang kemampuan menawarkan barang atau jasa yang tepat dengan harga, waktu, dan lokasi yang tepat.

A. 4 Proses Pemasaran
Pengenalan Pasar.
Strategi Pemasaran.
Bauran Pemasaran.
Evaluasi Pemasaran.

2. Pengenalan Pasar.
Pengenalan pasar adalah upaya untuk mengetahui jumlah, karakteristik dan sifat ubah pasar.

A. Mengelompokkan pasar, hal terpenting dalam memasarkan barang atau jasa adalah mengetahui siapa pembeli da apa yang mereka butuhkan.
B. Masa peredaran barang atau jasa, Semua barang dan jasa memiliki siklus hidupnya masing-masing, yaitu tahap Perkenalan, tahap pertumbuhan, tahap kematangan, dan tahap penurunan.
C. Analisis SWOT, analisis SWOT dapat dilakukan untuk mengetahui posisi usaha yang dijalankan dan posisi usaha pesaing.

3. Menentukan Strategi Pemasaran.
Strategi pemasaran adalah cara yang digunakan untuk membuat dan menjual barang atau jasa yang sesuai dengan kondisi pasar target atau selera konsumen yang dituju.

A. Menembus Pasar, upaya yang dilakukan adalah:
 Meningkatkan unit penjualan.
 Menambah barang atau jasa.
 Melakukan Promosi.
B. Mengembangkan Pasar, Strategi ini dilakukan apabila sasaran pembeli yang lama sudah jenuh.
C. Mengembangkan Produk, Dengan cara mengubah barang atau jasa dengan cara produksi yang lama.
D. Melakukan Diversifikasi, yaitu mengembangkan produk yang masih brkaitan dengan produk lama.
E. Meneraokan biaya murah.
F. Memfokuskan pada paear.
G. Melakukan Diferensiasi, dengan menciptakan barang atau jasa yang baru.

4. Menentukan Alat Pemasaran.
Alat pemasaran itu sendiri adalah Bauran Pemasaran, ditambah distribusi ,pelayanan dan kekuasaan.
Pemasaran yang dimaksud bukan hanya 4P saja, tetapi
A. Hal yang diperlukan dalam menghasilkan produk.
 Paduan Produk.
 Penampilan Produk
 Pendukung Produk.
B. Hal yang diperlukan dalam menyampaikan barang kepada pembeli yaitu dengan distribusi.
C. Hal yang diperlukan adalah pemilihan lokasi.
D. Hal yang diperlukan dalam menentukan harga yang tepat.
E. Hal yang diperlukan dalam mrncari bentuk promosi.
F. Hal yang diperlukan dalam penjualan produk.
G. Pemanfaatan Kekuasaan.

5. Menyusun Rencana Pemasaran.
A. Gambaran usaha yang sedang dijalankan.
B. Memosisikan Produk.
C. Menetapkan Visi dan Misi.
D. Menentukan jangka waktu Pemasaran.
E. Melakukan Analisis SWOT.
F. Menetapkan Alat Pemasaran.
G. Membuat Bagan Rencana Pemasaran.
H. Menentukan ukuran Keberhasulan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar