Senin, 26 Oktober 2009

Lia fauziya
43108010171
Mengenali Peluang dan Memilih Jenis Usaha
Mengenali hingga Memilih peluang Usaha yang tepat
Banyak pengusaha yang megawali usaha nya dalam situasi yang sulit,kondisi yang tidak pasti,dan akhirnya frustasi,atau bahkan hanya menunggu dan tidak melakukan apapun.berusaha mewujudkan impian menjadi orang sukses tanpa persiapan yang matang,hasilnya menjadi tidak jelas.Kita tidak perlu membuat usaha yang muluk-muluk,cukup yang sederhana namun prospeknya jelas.Caranya adalah mengevaluasi lingkungan yang ada di sekitar lingkungan kita.Berikut adalah cara segerhana yang dapat dilakukan dalam menerapkan analisis SWOT:
1.Melihat kekuatan yang dimiliki
2.Melihat kelemahan yang dimiliki agar kita tidak memaksakan diri melakukan usaha yang sebenarnya tidak dapat dilakukan.
3.Melihat peluang yang dapat dimanfaatkan dan memberi keuntungan
4.Melihat ancaman,dan resiko dalam berwirausaha
Kita harus jeli melihat setiap peluang yang muncul disekitar kita dan tidak perlu binung dalam mencari ide untuk diadikan peluang.Agar ide-ide potensial menjadi peluang bisnis yang riil, maka wirausahawan harusbersedia melakukan evaluasi terhadap peluang secara terus menerus.Banyak peluang ang dapat kita manfatkan,misalnya:
 Mengenali kebutuhan pasar
 Mengembangkan kebutuhan yang ada dipasaran
 Memadukan bisnis-bisnis yang ada
 Mengenali trend yang di inginkan konsumen
 Menggunakan asumsi-asumsi baru
Melihat sumber ide bisnis yang sangat banyak ,tidak mungkin kita dapat melaksanakan seluruhnya.Beberapa langkah untuk mengenali dan memilih peluang bisnis yang tepat antara lain:
1. Tentuka tujuan besar yang hendak dicapai
2. Buat daftar ide usaha
3. Nilai kemampuan pribadi
4. Pilih kriteria
5. Membandingka dan dapatkan saran dari pengusaha
6. Lakukan riset untuk menilai keadaan bisnis saat ini dan masa mendatang
7. Tetapkan pilihan
Cara Memulai Bisnis
Banyak jalan memulai dan mencapai keberhasilan bisnis.Banyak kisah sukses para wirausahawan dimulai dari keberanian,kesabaran,ketekunan,dan kemampuan mengolah usahanyasecara bertahap sampai mencapai kesuksesan.Cara-cara yang dapat dilakukan oleh seseorang untuk memulai bisnis adalah sebagai berikut:
 Memulai bisnis baru
 Membeli bisnis yang sudah ada
 Mengembangkan bisnis yang sudah ada
 Memilih usaha francise(kerja sama)
Bidang Usaha dan jenis-jenis badan Usaha
Beberapa contoh bidang usaha:
1. Usaha bidang kuliner
2. Usaha pakaian
3. Usaha tempat tinggal
4. Usaha pendidikan
5. Usaha transportasi
Jenis usaha yang dapat dimasuki oleh para wirausahawan:
• Pertanian
• Pertambangan
• Pabrikasi
• Perdagangan
• Jasa keuangan
• Jasa perorangan
• Jasa pendidikan
• Jasa pariwisata
Beberapa badan hukum usaha di indonesia:
1. Perusahaan Perseorangan
2. Persekutuan
3. Perseroan
4. Kopera555
FORMULIR 2 (Proyeksi diri menuju tahun 20..)
1.Usia saya pada:
a) 5 tahun mendatang 24 tahun
b) 10 tahun mendatang 29 tahun
2.Karier saya pada:
a) 5 tahun mendatang : saya ingin menjadi seorang manajer dan pengusaha
b) 10 tahun mendatang : saya ingin menjadi pengusaha sukses dan mempunyai perusahaan sendiri
3.Tanggung jawab pekerjaan saya pada:
a) 5 tahun mendatang: Mengatur seorang karyawan
b) 10 tahun mendatang: Mengatur perusahaan dan SDm nya
4.Penghasilan saya per tahun pada:
a) 5 tahun mendatang: 60 juta
b) 10 tqhun mwndatang: 300 juta
5.Milik saya yang paling berharga pada:
a) 5 tahun mendatang : KELUARGA,mobil pribadi,rumah pribadi
b) 10 tahun yang akan datang: Perusahan dan karyawan
6.Pengalaman-pengalaman pada 5 tahun terakhir ini ang sangat menyenangkan saya adalah:Alhamdulillah saya lulus SMA dengan hasil yang sangat memuaskan,dan yang paling menyenangkan adalah saya dapat melanjutkan study ke jeSaya innjang yang lebih tinggi.
7.Pengalaman pada 5tahun terakhir ini ang telah membrikan keberhasilan atau prestasi bagi saya adalah: Nilai ujian SMA sangat memuaskan dan berhasil menyandang gelar lulusan terbaik.IPK di atas target yaitu 3.65,dan mendapat juara ke 2 pada saat ujian nasional.
8.Selama 5 tahun terakhir ini ,kejadian hebat yang pernah saya rasakan ,baik dalam pergaulan,pekerjaan,atau lingkungn masyarakat adalah:dalam pergaulan SMA dan PT> saya merasakan sebuah keluarga,susah senang dilalui bersama.Di lingkungan masyarakat saya mengikuti kegiatan kemasyarakatan yang dapat membangun daerah saya mejadi lebih maju.Menjadi panitia di setiap acara yang di selengarakan di daerah saya.
9.Lihat kembali prospek anda 5-10 tahun mendatang
Saya ingin menjadi pengusaha yang sukses
Ingin menjadi orang yang berguna bagi negara nya
Ingin membahagiakan orang tua
Ingin jadi orang yang pandai
Ingin naik hajiBelajar lebi
FORMULIR 3(Siapa sebenrnya saya)
1.a)Keberhasilan atau prestasi tertinggi?
Belajar,Dorongan orang tua,dan pastinya Berdoa pada Allah SWT.
b)Keberhasilan atau prestasi terndah?
Pengaruh teman,dan sifat malas.
2.a)Kekuatan/kemampuan:
KEmampuan yang saya miliki sekarang adalah berbisnis pulsa,dan kemampuan menjadi pembawa acara.
b)Bidang yang perlu dikembangkan:
komunikasi yang harus diperbaiki dan sikap menghadapi orang lain di ats pentas.
3.Apakah sebenarnya tujuan hidup anda?Tujuan hidup saya adalah menjadi orang yang sukses (menjadi pengusaha yang sukses),menjadi seorang manajer.
4.a)Satu jam:
 Belajar lebih giat untuk mencapai tujuan
 Mendalami berbagai ilmu untuk menambah wawasan
 Beribadah lebih rajin
b)Satu hari:
 Bekerja
 Membahagiakan orangtua
c)Satu minggu:
 Selalu berusaha untuk menjadi orang yang dapa t berguna untuk orang lain
 Memperbesar bisnis yang dijalani selama ini
d)Satu tahun:
 Membuka usaha sendiri
 Membuka cabang usaha lebih banyak lagi
FORMULIR 4(untuk di kenang)
Keberhasilan saya sebelum masuk kuliah ,saya mendapat lulusan terbaik SMA dan mendapat peringkat ke 2 dalam UAN.Saya mendapat pujian dari semua pihak mulai dari teman-teman saya,tetangga,namun yang lebih utama adalah orang tua dan keluarga saya.dan yang lebih mengejutkan saya mendapat hadiah berupa uang tunai dan sebuah sepeda motor dari ayah saya.karena beliau sangat bahagia maka saya di beri hadiah.Dan yang baru-baru ini Alhamdulillah IPK saya bagus diatas yang saya targetkan slama ini.Banyak pihak juga yang memuji saya,dari pujian-pujian tersebut saya mencoba untuk menjadikan sebagai dorongan dan motivasi untuk lebih lagi dalam meningkatkan prestasi yang selama ini saya raih.
ide 5 GILA:
Rumah dengan fasilitas paung terbesar di dunia
Mobil yang bisa terbang ,dampaknya dapat mengurangi kemacetan.
Lampu yang hanya disentuh langsung menyala
Laptop layar sentuh sehingga tidak perlu mengetik secara manual
Lemari pendingin yang langsung sekaligus sebagai AC ,penyusunannya di gabung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar